Postingan
Rusli La Isi
24 Agustus 2022 | 13:52PM

Lomba Fashion Show Cilik Buton Traditional Meriahkan Festival Teluk Pasarwajo 

butonsatu.com

BUTON, BUTONSATU.com - Menyemarakkan Festival Teluk, Pemkab Buton melalui Dinas Pariwisata setempat menggelar lomba Child Fashion Show -Buton Traditional Costume, Selasa (23/08/2022) kemarin.

Lomba yang yang digelar di Dermaga Dive Center Kecamatan Pasarwajo ini tercatat diikuti oleh 52 anak dengan memamerkan Baju Adat Buton. Penampilan mereka dinilai oleh tiga dewan juri yakni Wa Ode Suryani Imaduddin, Wa Ode Kiana Fardiah dan Masful Zydi Ibrahim.

Juara dalam lomba itu, untuk kategori Putra, juara pertama, Arsuna Adhitya, perwakila Taman Kanak-kanak Negeri (TKN) 7 Buton. Sementara itu, untuk juara dua, LD Farhad Darmawan, TKN 2 Buton. Juara tiga, Muh. Rikal Alamsyah TNK 6 Buton. 

Sedangkan kategori Putri, Khairunnisa Shalsabila, perwakilan TKN 7 Buton. Juara dua, Adeeva Emza Rafanda perwakilan TK Kemala Bhayangkari Buton,  Peringkat tiga, Mikhayla Medina Putri, TKN 2 Buton.

Usai kegiatan, para pemenang lomba langsung diberikan hadiah oleh peserta sail. Masing-masing, pertama putri oleh Lawrence Kennedy green. Juara dua, Dorothy Charlene green dan peringkat tiga, Diane Melinda Pinney. Dalam penyerahannya mereka didampingi Kepala Dinas Pariwisata, Rusdi Nudi.

"52 anak meriahkan fashion show anak Baju adat Buton di Dermaga Dive Center," tulis Kadis Pariwisata Kabupaten Buton Rusdi Nudi kepada media ini, Rabu (24/08/2022).

Diberitakan sebelumnya, guna mempromosikan potensi pariwisata di Kabupaten Buton, Dinas Pariwisata Kabupaten Buton pada 19-25 Agustus 2022 akan menggelar Festival Teluk Pasarwajo.

Kepala Dinas Pariwisata Rusdi Nudi menjelaskan Festival Teluk merupakan festival pertama yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Buton sehubungan dengan event Sail To Indonesia 2022.

"Di Kabupaten itu ada jadwal kapal Yacht peserta Sail To Indonesia 2022 mereka singgah sehingga saya coba untuk membuat suatu event yang saat ini kami beri nama Festival Teluk Pasarwajo," ungkapnya saat diwawancarai pihak awak media di Dive Center, Minggu (21/08/2022).

Selain itu, lanjut Rusdi Nudi, Festival Teluk sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kunjungan para wisatawan asing di Kabupaten Buton sehingga para turis asing bisa mengetahui destinasi wisata, keragaman budaya dan masakan kuliner khas Buton.

"Kalau kegiatan ini tujuannya kan untuk menarik simpati wisatawan asing, kita memperkenalkan yang pertama adalah tentang destinasi, yang kedua adalah tentang keragaman budaya dan yang ketiga adalah tersebut ekonomi kreatif kuliner lokal," bebernya.

Dikatakannya pula, Festival Teluk Pasarwajo yang dihadiri 8 negara dengan 17 kapal Yacht ini akan semarak dengan berbagai kegiatan yakni, Pekande-kandea (Traditional Eating Together), Traditional Games end Cultural Attraction, Child Fashion Show -Buton Traditional Costume.

Selain itu, terdapat juga Mass Gymnastics with Buton Saroong Motive, Seminar, Creative Economy end Culinary Expo, Tourism Destination dan Sail Indonesia Buton Fashion Week.

Artikel Terkait
Artikel Terkini

ARTIKEL POPULER