Postingan
Tim Redaksi
Diterbitkan: 07 Juni 2024 | 11:0AM

235 Kelompok Tani Terima Bantuan Benih Holtikultura dan Pupuk

butonsatu.com

BUTON, BUTONSATU.com - Pj. Bupati Buton, La Haruna S.P., M.Si.,  menyerahkan secara simbolik kepada Kadis Pertanian Kabupaten Buton, Ma’mul Djamal, S.P., M.Si., berupa bantuan berupa benih hortikultura dan pupuk kepada petani, di Ruang Rapat VIP Bupati Buton, Takawa, Selasa, 4 Juni 2024.

Dalam sambutannya, Pj. Bupati menyatakan bahwa pemberian benih dan pupuk adalah bentuk kepedulian pemerintah terhadap petani setempat serta sebagai bentuk penanggulangan Inflasi Daerah.

“Ini juga merupakan salah satu Langkah konkret yang dilakukan pemerintah dalam mengendalikan infkasi di Kabupaten Buton. Saya berharap para petani untuk memanfaatkan bantuan ini sebaik-baiknya. Semoga bantuan bibit dan pupuk ini dapat meningkatkan hasil tanaman mereka,” kata Pj. Bupati.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Buton, Ma’mul Djamal, S.P., M.Si., menjelaskan bahwa bantuan yang diserahkan terdiri dari benih hortikultura dan pupuk, yang ditujukan untuk penanggulangan inflasi daerah. Bantuan ini akan disalurkan ke 7 kecamatan di Kabupaten Buton, dengan komoditas utama seperti Aneka Cabai, Jagung Manis, Tomat, Bawang Merah, serta pupuk dan polibag.

"Kami berharap bantuan ini tidak hanya menyentuh lokus Stunting, tetapi juga dapat dimanfaatkan oleh seluruh kelompok tani, sehingga dapat meningkatkan ketersediaan gizi masyarakat secara langsung."

Berdasarkan data Total penerimaan bantuan untuk kecamatan Kapontori berjumlah 25 Poktan 425 Anggota, Kecamatan Lasalimu Selatan 10 Poktan 150 Anggota, Kecamatan Lasalimu 13 Poktan 195 Anggota, Kecamatan Pasarwajo 27 Poktan 405 Anggota, Kecamatan Siotapina 32 Poktan 544 Anggota, Kecamatan Wolowa 8 Poktan 120 Anggota sehingga jumlah total 115 Poktan 1.839 Anggota dalam Komoditi Aneka Cabai, Jangung Manis, Tomat, Bawang Merah, Pupuk dan Polibag.

Penyerahan bantuan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam mengatasi inflasi daerah dan menanggulangi masalah Stunting, serta membantu mengurangi tingkat kemiskinan ekstrim yang menjadi permasalahan di Indonesia, khususnya di Kabupaten Buton.

Artikel Terkait
Artikel Terkini

ARTIKEL POPULER