Postingan
Rusli La Isi
04 Desember 2022 | 17:56PM

Basiran Bangga Atlet Lokal Mampu Berprestasi di Ajang Porprov Sultra XlV

butonsatu.com

BUTON, BUTONSATU.com -  Raut muka bahagia tampak terlihat dari Pj Bupati Buton Drs. Basiran, M.Si, setelah atletnya mampu meraih prestasi yang membanggakan. Setidaknya mampu bertengger diposisi ke enam peraih medali dari 17 Kabupaten/Kota yang berlaga di ajang Porprov Sultra ke-XlV.

Tentu saja, torehan prestasi itu kian meningkat bila dibandingkan pada Porprov Sultra ke-Xlll tahun 2018 lalu di Kabupaten Kolaka. Dimana, saat itu kontingen Buton hanya mampu menempati posisi ke- 8 dari 17 Kabupaten/Kota, dengan mendapatkan 97 medali terdiri 21 emas, 31 perak, dan 45 perunggu.

Selain itu, capaian prestasi juga tersebut tidak pernah lepas dari sentuhan dan dukungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton dibawa kepemimpinan Drs. Basiran, M.Si saat masuk menjadi Pj Bupati Buton dan Ketua KONI Buton L.M Syamsir Siri Ikrami, ST.

Dengan hanya mengandalkan potensi  putra-putri lokal yang terbaik capaian medali dari kontingen Kabupaten Buton pada Porprov tahun ini telah membuktikan bahwa putra-putri daerah bumi penghasil aspal ini memiliki potensi dan mental juara serta berprestasi di bidang olahraga. Sebab, atlet yang tampil membawa nama Kabupaten Buton di ajang Porprov tahun ini adalah atlet lokal.

Kepada media ini, Pj Bupati Buton mengaku bangga sekaligus haru atas raihan prestasi medali dihasilkan para atlet yang berlaga di ajang Porprov Sultra ke-XlV kali ini yakni, 31 emas, 40 perak dan 69 perunggu dari ratusan atlet yang diturunkan.

"Semua atlet yang berlaga di ajang Porprov ini adalah atlet lokal. Ini yang membuat saya bangga. Alhamdulillah dan terima kasih kepada seluruh atlet dan para pelatih Kabupaten karena telah memberikan yang terbaik untuk daerah ini dan masyarakat Kabupaten Buton," ujar Kepala BPKAD Provinsi Sultra ini, Minggu (04/12/2022).

Dengan hasil tersebut, Basiran mengucapkan terima kasih kepada Ketua KONI Buton dan jajaran pengurusnya atas dukungan dan kerja kerasnya atas torehan prestasi pada pelaksanaan Porprov Sultra ke-XlV dengan menempatkan Kabupaten Buton masuk urutan keenam dari 17 Kabupaten/Kota yang berlaga pada ajang empat tahunan ini.

"Ini merupakan sebuah lompatan prestasi dari Porprov Sultra tahun 2018 lalu karena Kabupaten Buton naik tingkat dari urutan ke delapan ke urutan ke enam dengan mengutamakan atlet lokal yang merupakan putra-putri terbaik Kabupaten Buton," tutur mantan Asisten Satu Setda Provinsi Sultra ini.

Mantan Kepala Biro Hukum dan Organisasi Setda Provinsi Kalimantan Utara ini mengucapkan terima kasih kepada Sekda Kabupaten Buton Asnawi Jamaluddin, Kadispora Buton La Ode Zainuddin Napa dan Kepala OPD serta seluruh ASN lingkup Pemkab Buton karena telah memberikan yang terbaik pada pembukaan dan pelaksanaan Porprov Sultra ke-XlV sehingga Kabupaten Buton dapat menjadi tuan rumah terbaik.

Selain itu, Basiran juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh unsur Forkopimda, khususnya Kapolres Buton AKBP Ruddy Silaen dan seluruh jajarannya yang sudah membantu menjaga keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan Porprov Sultra di Kabupaten Buton sehingga berlangsung dengan aman dan tertib.

Mantan Pengasuh Praja Kampus IPDN Jatinangor tahun 2004 ini tak lupa juga mengucapkan terima kasih kepada Camat, Lurah, Kades, honorer dan seluruh masyarakat Kabupaten Buton atas pelayanannya dengan menunjukkan jati diri sebagai masyarakat Kabupaten Buton yang beradab dan baik dalam menerima seluruh kontingen dari 16 Kabupaten/Kota dengan ramah, santun dan sukacita sehingga para kontingen olahraga merasa nyaman selama berada di Kabupaten Buton.

Sebelumnya, perhelatan event empat tahunan ini dengan tuan rumah Kabupaten Buton dan Kota Baubau resmi ditutup oleh Gubernur Sultra Ali Mazi bertempat di alun-alun Kotamara, Kota Baubau, Sabtu (03/12/2022) malam.

Dalam kesempatannya itu, Ali Mazi bersyukur dan berterima kasih kepada Kabupaten Buton dan Kota Baubau karena telah mensukseskan pelaksanaan Porprov Sultra ke-XlV.

"Alhamdulilah Porprov Sultra tahun 2022 ini terlaksana dengan sukses tanpa ada kendala apapun. semoga saja ajang porprov ini bisa mengantarkan kemenangan kita menuju perhelatan PON nanti," harapnya.

Berdasarkan hasil akhir Porprov Sultra 2022, Kota Kendari berhasil menjadi juara umum setelah meraup 323 medali yang terdiri dari 115 medali emas, 97 medali perak, dan 111 medali perunggu. Sedangkan Kabupaten Buton berada pada posisi ke enam dengan perolehan medali 31 emas, 40 perak dan 69 perunggu dengan total perolehan 140 medali.

Artikel Terkait
Artikel Terkini

ARTIKEL POPULER