BUTON, BUTONSATU.com - Cabor balap sepeda nomor punggung putra 25 kilometer dan putri 15 kilometer Porprov Sultra ke-XlV tahun 2022 telah selesai dilaksanakan di Pasarwajo, Minggu (27/11/2022).

Kategori putra juara 1 Sugiarto. Atlet balap sepeda asal Konawe Utara itu memperoleh catatan waktu 30.14,524. sementara untuk mendali perak diraih oleh atlet dari Buton atas nama Devi Arwini dengan catatan waktu 30, 38, 226.

Sementara medali perunggu diraih oleh atlet Kolaka Utara (Kolut), Mutia Adhazallah dengan catatan waktu 30, 43, 752. 

Sementara untuk putra 25 km, medali emas diraih oleh atlet Kolaka Utara, Adryan Sevadal dengan catatan waktu 37,05,726. Medali perak juga diraih atlet Kolaka Utara yakni Erling dengan catatan waktu 38,41,447. Medali perunggu diraih oleh Bombana, Alfian Maulana dengan catatan waktu 39,29,218. 

"Alhamdulillah untuk perlombaan balap sepeda hari ini kita sudah perlombakan satu nomor untuk kelas ITT baik putra maupun putri dari pagi sampai siang sudah selesai kita laksanakan. Adapun untuk kelas putri ini dengan jarak 15 km dengan 11 atlet sedangkan untuk putra dengan jarak 20 km sebanyak 20 atlet," kata Sekretaris Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Provinsi Sultra, Hery Ashak SE, M.Si, ditemui usai lomba. 

Hery Ashak menjelaskan pada event Porprov Sultra tahun ini untuk cabor balap sepeda mempertandingkan 8 nomor lomba yakni 4 nomor putra dan 4 nomor putri. 

Ia berharap penyelenggaraan Porprov tahun ini di Buton dan Kota Baubau dapat menghasilkan atlet-atlet baru yang punya potensi dari semua Kabupaten/Kota, sehingga bisa mengharumkan nama daerah baik tingkat lokal maupun nasional.

"Nantinya setelah perlombaan ini anak-anak yang berprestasi kita akan mendatanya yang mana-mana mempunyai potensi. Dimana nanti pada pelaksanaan PON akan datang mereka-mereka bisa mewakili Provinsi Sultra," ujarnya. 

Sebagai informasi, pertandingan cabor balap sepeda Porprov dibuka resmi oleh Ketua Umum ISSI Provinsi Sultra, H. Zulkarnaen SE, ME dengan didampingi Kapolres Buton, AKBP Rudy Silaen.