Postingan
Rusli La Isi
19 Agustus 2022 | 4:4AM

Puskesmas Pasarwajo Gelar Sosialisasi Germas di Desa Kabawakole 

butonsatu.com

BUTON, BUTONSATU.com - Untuk mewujudkan pola hidup sehat masyarakat wilayah kerja, Puskesmas Pasarwajo bersama staf Puskesmas mengadakan Sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) di Desa Kabawakole, Jum'at (19/08/2022).

Kegiatan tersebut dihadiri Kepala Puskesmas Pasarwajo yang diwakili oleh Petugas Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Puskesmas Pasarwajo, Kades Kabawakole, Sekretaris desa, Bidan Desa, Tenaga Puskesmas, Kaur desa, Ketua BPD, Tokoh Pemuda, Tokoh Masyarakat dan masyarakat desa setempat.

Yeti Damayanti selaku petugas Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Puskesmas Pasarwajo kepada wartawan menjelaskan bahwa kegiatan tersebut selalu rutin dilakukan oleh Dinas Kesehatan dalam setiap tahunnya dan tahun ini masing-masing desa yang lakukan dengan melibatkan Puskesmas sebagai fasilitator nya.

"Ini dimulai dari tahun kemarin dinas yang adakan, jadi digabung beberapa desa untuk melakukan Germas di Kabupaten. Nah, sekarang di tahun ini masing-masing desa yang lakukan dengan Puskesmas sebagai fasilitator nya," ungkapnya.

"Kedepannya diharapkan ini kegiatan tiap desa melakukan sendiri. Jadi kami cuman memberikan contoh bahwa Germas itu kegiatannya aktifitas fisik, pembersihan lingkungan dengan melakukan penanaman tanaman toga di kebun PKK serta dengan pemeriksaan kesehatan secara rutin," sambungnya.

Lebih lanjut Yeti Damayanti memaparkan bahwa, penanaman dan pemanfaatan tanaman toga bertujuan untuk membudayakan pola hidup sehat dalam masyarakat seperti membudayakan menanam pohon kelor, cara pengolahan dan mengkonsumsi tanaman kelor, kemudian terdapat pula puding labu dan penanaman obat-obatan.

"Nah kegiatan lingkungan ini kita ambil kegiatan pemanfaatan halaman dengan melakukan penanaman tanaman toga dengan membudayakan menanam pohon kelor, mengolah dan mengkonsumsi kelor dan ada puding labu, memanfaatkan bahan makanan lokal jadi bebas dari pestisida dengan tujuan membudayakan pola hidup sehat," katanya.

Dengan adanya kegiatan itu, Yeti Damayanti berharap, pemerintah desa dan masyarakat Desa Kabawakole mau bergerak sendiri untuk melakukan pola hidup sehat.

Sementara itu Kepala Desa Kabawakole La Ode Masa mengaku menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan Germas tersebut di desanya karena bisa mendapatkan manfaat bagi kesehatan masyarakatnya.

"Saya atas nama pemerintah desa sangat menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan ini, mudah-mudahan ini bisa berlanjut terus, apalagi masyarakat sangat merespon ya saya terus akan mendukung dan bahkan akan lebih tingkatkan lagi. Insya Allah," tuturnya.

Dengan adanya kegiatan Germas tersebut dirinya berharap dapat meningkatkan kualitas hidup sehat dan masyarakat Desa Kabawakole bisa menjadi lebih sehat lagi.

Artikel Terkait
Artikel Terkini

ARTIKEL POPULER