Pemda Buton Bakal Fokus Pada Pengentasan Kemiskinan

Pemda Buton Bakal Fokus Pada Pengentasan Kemiskinan
Kepala Bappeda Kabupaten Buton, Ahmad Mulia (Foto: Istimewa)

BUTON, BUTONSATU.com - Kemiskinan menjadi fokus utama semua daerah, tak terkecuali Kabupaten Buton. Mulai tahun ini hingga di tahun-tahun berikutnya, Pemerintah Daerah (Pemda) Buton bakal fokus pada pengentasan kemiskinan.

Pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, pada tahun 2023 mendatang masalah angka kemiskinan daerah, menjadi salah satu hal yang perlu perhatian khusus.

"Saat ini kita (Buton-red) baru mencapai angka kemiskinan 13 persen, belum sampai angka target nasional di bawah 10 persen. Jadi persoalan itu (kemiskinan-red), kedepan menjadi salah satu hal yang perlu kita perhatikan," Kepala Bappeda Buton Ahmad Mulia, Senin (24/01/2022).

Kepada butonsatu.com, Ahmad Mulia mengaku, pandemi covid-19 telah menghancurkan semua perekonomian nasional.

"Jadi mulai tahun ini dan tahun 2023 mendatang, kita sudah pikirkan, dikarenakan jangan sampai terlalu dalam jatuhnya angka kemiskinan kita," tuturnya.

"Untuk mengantipasi itu, kita lakukan beberapa langkah-langkah seperti melakukan kegiatan-kegiatan yang bisa menghidupkan aktifitas ekonomi dan pemberdayaan masyarakat yaitu salah satunya pembangunan akses-akses sentral produksi jangan sampai biaya operasional lebih tinggi dari pada hasil biaya produksinya," jelas Ahmad Mulia.