Postingan
Tim Redaksi
20 November 2023 | 8:47AM

Buka Porseni PGRI, Sekda Buton Menyoroti Peran Guru dan Karakter Disiplin

butonsatu.com

BUTON, BUTONSATU.com - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Buton Asnawi Jamaluddin, S.Pd., M.Si., menekankan peran penting guru sebagai pahlawan tanpa tanda jasa dalam membentuk karakter dan memberikan ilmu pengetahuan kepada generasi bangsa. Hal ini disampaikan Sekda Buton pada Pembukaan Porseni HUT PGRI dan Hari Guru Nasional ke-78 Tingkat Kabupaten Buton, yang berlangsung di Lapangan Sepak Bola Watumotobe, Kecamatan Kapontori, Minggu Sore, 19 November 2023.

Sekda Buton, yang mewakili Pj. Bupati Buton, mengatakan bahwa guru bukan hanya sosok yang memberikan pelajaran di kelas, tetapi juga seorang pembimbing yang melangkah bersama peserta didik dalam perjalanan panjang menuju insan cerdas dan berakhlak mulia. Guru diharapkan dapat menerapkan disiplin, tidak terlambat di sekolah, karena keterlambatan dapat membuat peserta didik terlantar.

"Guru adalah inspirator yang membakar semangat keingintahuan dan kreativitas di dalam diri anak-anak, bukan saja di dalam ruangan kelas tapi juga di atas lapangan olahraga," ujar Sekda Buton.

Sekda juga menyoroti perjalanan panjang pengabdian guru yang dihadapkan pada berbagai tantangan, mulai dari keterbatasan sarana dan prasarana hingga dinamika perkembangan pendidikan.

Menurut Asnawi Jamaluddin, guru-guru adalah garda terdepan dalam upaya mencetak generasi yang cerdas, kritis, dan memiliki nilai-nilai luhur. Porseni HUT PGRI tahun ini menjadi momentum penting bagi seluruh guru Kabupaten Buton untuk menunjukkan kemampuan bertanding secara sportivitas.

Dalam acara yang diawali dengan pawai parade kontingen cabang PGRI, Sekda Buton mengingatkan bahwa Porseni bukan hanya tentang memenangkan medali atau tropi, tetapi juga semangat kebersamaan dan sportivitas. Ia berharap kegiatan ini dapat mempererat tali persaudaraan dan kebersamaan di kalangan insan pendidikan di Kabupaten Buton serta menjadi ajang pembelajaran dan berbagi pengalaman berharga bagi semua peserta Porseni.

Porseni HUT PGRI Kabupaten Buton melibatkan 10 cabang olahraga dan 5 cabang seni, dengan seluruh pertandingan dilaksanakan di Kecamatan Kapontori sebagai tuan rumah, berlangsung mulai tanggal 19 hingga 26 November 2023. Hadir dalam acara tersebut Ketua DPRD Buton, Wakil Ketua DPRD Buton, dan sejumlah pejabat dan tokoh masyarakat setempat.

Artikel Terkait
Artikel Terkini

ARTIKEL POPULER